Kamis, 03 Maret 2011

Plus Minus Belanja Baju Online


Online shopping memang sedang berjamuran di kota-kota besar di Indonesia. Kini, sudah banyak yang mengaku kecanduan belanja baju online. Tetapi tidak jarang orang yang lebih suka berbelanja lewat jalur konvensional. Terbukti, mall selalu ramai terutama di saat-saat tanggal muda. 

Apakah Anda termasuk online shopper freak? Jika Anda masih menimbang-nimbang untuk belanja baju online, ada baiknya Anda simak plus minus belanja baju online di bawah ini.

Kelebihan

  • Tidak perlu berkendara dan berhadapan dengan kemacetan. Belanja baju online dapat dikatakan sebagai green activity, karena mengurangi emisi karbon yang Anda keluarkan dengan berkendara untuk mencapai tempat tujuan. Bagaimana dengan jasa pengiriman yang dilakukan para online shop? Selain itu, dengan semakin murahnya akses internet dan semakin mahal harga bensin,belanja baju online memang bisa hemat. 
  • Dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Bagi mereka yang sudah sumpek harus menunggu weekend untuk dapat berbelanja karena sehari-harinya bekerja, belanja baju online sangat memudahkan. Pilih-pilih produk saat istirahat atau dalam perjalanan pergi-pulang yang biasanya selalu macet, dapat menjadi hiburan tersendiri.
  • Bisa pikir-pikir. Ada kesenangan tersendiri ketika memilih produk online, memasukkannya dalam folder keranjang belanja Anda dan membiarkannya seperti itu selama berhari-hari karena mungkin secara finansial belum ada. Setelah beberapa hari, lapar mata pun terpuaskan dan akhirnya tidak jadi beli.
  • Bagi para produsen kecil yang belum menciptakan produk secara massif namun sangat unik, online shop menjadi wadah paling sederhana bagi mereka. Anda tak perlu susah-susah mengobrak-abrik semua toko untuk mendapatkan desain yang menarik. Warna tidak sesuai dengan yang ditampilkan di komputer. Salah satu kelemahan belanja baju online yang disadari belakangan, ternyata warna aslinya tidak seindah warna di foto. Sehingga perlu dicermati online shop yang memberikan keterangan warna lebih spesifik dapat menjadi prioritas pilihan. 

Kekurangan

  • Tidak tahu jenis bahan. Belanja baju memang identik dengan memegang bahan baju. Bagaimana Anda tahu kehalusan bahan jika belanja baju online? Belanja baju online memang tidak bisa dikatakan aman bagi fashion shopper pemula. Pilihlah online shop yang memberikan detail bahan yang digunakan untuk baju produksi mereka.
  • Tidak tahu ukuran. Tidak afdol rasanya jika belanja baju tapi tidak dicoba dulu. Jika belanja baju online tidak mungkin untuk dikembalikan dengan alasan tidak muat. Carilah online shop yang memiliki table sentimeter untuk setiap ukurannya. Dengan begitu, ukuran baju dapat lebih akurat.
  • Tidak bisa langsung dipakai. Itu kalau satu kota. Kalau di luar kota? Belum lagi kalau ada cacat dan dapat diretur, tambah lama lagi bisa dipakainya. 

Ternyata seimbang antara kelebihan dan kekurangannya. Silahkan belanja baju online sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar